UMM Institutional Repository

ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KOTA MALANG

ARHIDYA, MAHDA DYASNA (2015) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mahdadyasn-40443-1-pendahul-n.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mahdadyasn-40443-2-babi.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) ketercapaian tujuan dan sasaran penggunaan Buku Siswa dalam pembelajaran di SD Kota Malang, (2) ketepatan waktu pencapaian dan penyelesaian penggunaan Buku Siswa dalam pembelajaran di SD Kota Malang, (3) pemanfaatan sumber daya penggunaan Buku Siswa dalam pembelajaran di SD Kota Malang, serta (4) efektivitas penggunaan Buku Siswa dalam pembelajaran di SD Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV dan V SD Muhammadiyah 5 dan SDI Mohammad Hatta dengan informan utama guru kelas IV dan V serta informan pendukung adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk validitas data penulis juga menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ketercapaian tujuan dan sasaran sudah tercapai. Aspek yang belum terpenuhi yaitu Buku Siswa sebagai penghubung antar guru, sekolah dan orang tua. Pemahaman siswa terhadap materi masih kurang dan hasil belajar siswa ada yang belum memenuhi KKM; (2) ketepatan waktu pencapaian sasaran dan penyelesaian kegiatan penggunaan Buku Siswa sudah tepat waktu, meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi namun guru telah mengupayakan untuk menghadapi kendala-kendala tersebut; (3) sumber daya dalam penggunaan Buku Siswa yang berupa sarana prasarana dan sumber belajar sudah optimal, dapat dimanfaatkan dan sangat mendukung penggunaan Buku Siswa; serta (4) Hasil perbandingan realisasi dengan target ketercapaian tujuan dan sasaran, ketepatan waktu pencapaian dan penyelesaian, dan pemanfaatan sumber daya penggunaan Buku Siswa dalam pembelajaran yaitu 83% sehingga efektivitas penggunaan Buku Siswa dalam pembelajaran di SD Kota Malang dikategorikan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 08:35
Last Modified: 22 Mar 2016 08:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21479

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo