UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG MEMUAT ANAK SLOW LEARNER DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 05 BATU

FITRIANA, FARIYAN NUR (2015) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG MEMUAT ANAK SLOW LEARNER DI KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 05 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fariyannur-41299-1-pendahul-n.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fariyannur-41299-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh SD Muhammadiyah 05 Batu yaitu guru yang belum paham dengan pendidikan inklusif, sehingga dalam proses pembelajaran guru belum memodifikasi perangkat pembelajaran untuk membantu proses belajar mengajar anak slow learner pada kelas reguler secara maksimal. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran untuk anak slow learner di kelas IV SD Muhammadiyah 05 Batu, dan (2) apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembelajaran bagi siswa slow learner di kelas IV SD Muhammadiyah 05 Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pelaksanaan pembelajaran untuk anak slow learner di kelas IV SD Muhammadiyah 05 Batu, dan (2) faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembelajaran bagi siswa slow learner di kelas IV SD Muhammadiyah 05 Batu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi, Kepala sekolah, Guru Kelas IV, Guru Mata pelajaran Agama Islam, Bahasa Daerah dan PJOK, serta siswa slow learner Kelas IV SD Muhammadiyah 05 Batu yang berjumlah satu orang. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pada kelas IV SD Muhammadiyah 05 Batu memiliki satu siswa slow learner. Pelaksanaan pembelajaran bagi slow learner di kelas IV SD Muhammadiyah 05 Batu dilaksanakan dengan menerapkan beberapa model dan metode pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran dari kegiatan awal hingga kegiatan akhir. Model dan metode pembelajaran yang diterapkan guru bagi seluruh siswa sama, hanya dalam pelaksanaannya yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan siswa slow learner. (2) Faktor penghambat dalam proses pembelajaran bagi slow learner di kelas IV yakni berkenaan dengan intelegensi dan komunukasi dimana siswa yang terlalu pasif dalam proses pembelajaran di kelas dan siswa yang terkadang sibuk dengan aktivitasnya sendiri, keterbatasan fasilitas dari sekolah yang disebabkan karena sekolah belum ditetapkan sebagai sekolah inklusi. faktor pendukung yang menutupi hambatan tersebut yaitu adanya peran orangtua atau wali murid dalam membantu pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan pelajaran tambahan di luar jam sekolah serta penerapan pembelajaran tutor sebaya yang diarahkan oleh guru untuk siswa slow learner.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 08:35
Last Modified: 22 Mar 2016 08:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21478

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo