UMM Institutional Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III SDN KRECEK III BADAS KEDIRI

PRAMUDITYA, NOVA TRI HARDIAN (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATERI MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS III SDN KRECEK III BADAS KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novatrihar-40448-1-pendahul-n.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novatrihar-40448-2-babi.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kesulitan siswa kelas III SDN Krecek III Badas Kediri menjelaskan kembali isi teks yang dibacanya pada materi pembelajaran membaca intensif. Berdasarkan observasi siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, siswa tidak berusaha memahami isi bacaan namun menghafalnya dimana cara ini akan menghabiskan waktu lebih banyak. Hal ini disebabkan penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran yang mengakibatkan sulitnya siswa mengetahui strategi-strategi membaca pemahaman yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada materi membaca intensif siswa kelas III di SDN Krecek III Badas Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian Two Group Randomized Subject Post Test Only. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Krecek III Badas Kediri. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa pada materi membaca intensif. Tes yang diberikan sebanyak 10 soal berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) adalah sebesar 75,25; sedangkan rata-rata hasil posttest siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 51,85. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 8,676 dan ttabel sebesar 2,024 Dengan taraf signifikan (α) = 5% dan derajat kebebasan (dk) 40-2 = 38. Karena thitung > ttabel, maka rata-rata hasil posttest siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil posttest siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau dengan kata lain terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada materi membaca intensif siswa kelas III SDN Krecek III Badas Kediri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 08:27
Last Modified: 22 Mar 2016 08:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21474

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo