UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS V SDN JATIMUDO KABUPATEN REMBANG

ADMANATA, PANDU ARIEF (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA KELAS V SDN JATIMUDO KABUPATEN REMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-panduarief-40451-1-pendahul-n.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-panduarief-40451-2-babi(p-).pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar cenderung menggunakan metode lama atau bias disebut dengan ceramah sehingga membuat siswa merasa bosan dan bahkan tidak bisa memahami isi materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik. Metode lama digunakan oleh tenaga pendidik atau guru mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Penelitian ini juga akan menjelaskan tentang pelaksanaan pendekatan matematika realistik. Rumusan masalah pada penilitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran pada siswa kelas V SDN Jatimudo Kabupaten Rembang?. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi operasi hitung campuran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SDN Jatimudo Kabupaten Rembang?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN Jatimudo Kabupaten Rembang dengan jumlah siswa 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 yaitu : (1) teknik observasi, (2) Teknik wawancara, (3) Teknik dokumentasi, (4) Teknik Tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data hasil belajar siswa, keberhasilan proses belajar mengajar, keberhasilan aktifitas siswa. Menyusun dan mengolah data yang terkumpul sehingga dapat dipertanggungjawabkan, maka digunakan analisis data kuantitatif dan pada metode observasi digunakan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan pembelajaran matematika realistic terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga belajar siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yang signifikan. Pada siklus I jumlah siswa yang mendapatkan nilai tuntas >70 adalah 13 siswa atau 65% dan 7 siswa tidak mendapatkan nilai tuntas atau 35%. Siklus II terjadi peningkatan nilai tuntas yaitu menjadi 19 siswa yang mendapatkan nilai tuntas atau 95% dan 1 siswa tidak mendapatkan nilai tuntas atau 5%. Hasil selisih antara siklus I dan siklus II sebanyak 30%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistic dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran kelas V SDN Jatimudo Kabupaten Rembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 08:22
Last Modified: 22 Mar 2016 08:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21470

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo