UMM Institutional Repository

ANALISIS KESIAPAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN MOJOREJO 01 KOTA BATU

ARMYLASARI, DEAN (2015) ANALISIS KESIAPAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SDN MOJOREJO 01 KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deanarmyla-40469-1-pendahul-_.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-deanarmyla-40469-2-babi.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013 menuntut guru untuk memiliki kesiapan dalam menghadapi kurikulum baru. Fakta di lapang menunjukkan guru masih memiliki sejumlah kendala. Hal ini menunjukkan bahwa guru masih belum memiliki kesiapan yang cukup untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesiapan guru pada pelaksanaan kurikulum 2013, (2) mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam mempersiapkan diri melaksanakan kurikulum 2013, (3) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mempersiapkan diri melaksanakan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas I, II, IV, V dan kepala sekolah SDN Mojorejo 01 Batu. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik skala dengan mengikuti model skala likert, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa skala digunakan untuk mengukur tingkat kesiapan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara digunakan untuk mengumpulkan data kesiapan guru, kendala, dan upaya yang dilakukan guru dalam mempersiapkan diri melaksanakan kurikulum 2013. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan dokumen-dokumen yang terkait dengan kesiapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil skor skala, guru memiliki tingkat kesiapan yang berbeda-beda. Tingkat kesiapan guru kelas I sedang, tingkat kesiapan guru kelas II rendah, tingkat kesiapan guru kelas IV sangat tinggi, dan tingkat kesiapan guru kelas V tinggi. (2) kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 meliputi, keterbatasan informasi tentang kurikulum 2013 yang menyebabkan keterbatasan pengetahuan guru, keterbatasan media pembelajaran kurikulum 2013, perbedaan tingkat kemampuan siswa yang mencolok. (3) upaya yang dilakukan guru untuk mempersiapkan diri melaksanakan kurikulum 2013 adalah mengikuti seminar atau workshop, hal ini bertujuan agar guru memperoleh informasi lebih banyak sehingga mampu melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 sesuai dengan ketentuan. Selain hal tersebut, guru mencari media pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013, dan mencoba menggabungkan satu media dengan media lain sehingga sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 08:07
Last Modified: 22 Mar 2016 08:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21461

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo