UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR IPA SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN SENGGRENG 04 MALANG

ANDRIANI, DEWANTI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR IPA SUBTEMA KEINDAHAN ALAM NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN SENGGRENG 04 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewantiand-40472-1-pendahul-n.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewantiand-40472-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal yang menunjukkan adanya permasalahan pada hasil belajar siswa. SDN Senggreng 04 sudah menerapkan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menggambarkan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif, namun pada kenyataannya berdasarkan observasi awal menunjukkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan beberapa media pembelajaran pernah dilakukan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukkan bahwa guru dalam pembelajaran menerapkan empat metode yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Pada kenyataannya bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang aktif bertanya, kondisi belajar kelas kurang kondusif, dan menunjukkan hasil belajar siswa kurang memuaskan khususnya pada muatan IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakuakan adalah jenis penelitian tindakan kelas, sebagai sumber data yaitu siswa kelas IV SDN Senggreng 04 Malang yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2015 dan dilaksanakan dalam 3 siklus karena pada siklus I hasil belajar siswa masih kurang, siklus II adanya peningkatan akan tetapi peningkatan dalam kategori “Baik” dan siklus III menunjukkan peningkatan dalam kategori”Sangat Baik”. Masing-masing terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keindahan alam negeriku. Adanya peningkatan pada hasil belajar IPA antara siklus I dan siklus II sebesar 40%, antara siklus II dan siklus III sebesar 8%. Dengan persentase ketuntasan klasikal siklus I (43%), siklus II (83%), dan siklus III (91%) menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disarankan untuk dipergunakan sebagai acuan dalam kegiatan pengajaran serta adanya model lain sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:59
Last Modified: 22 Mar 2016 07:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21455

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo