UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DI KELAS AWAL DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG

KURNIAWATI, ARISKA (2015) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DI KELAS AWAL DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariskakurn-41521-1-pendahul-d.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariskakurn-41521-2-babi.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 dirancang sebagai peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Pada Kurikulum 2013 tugas guru bukan hanya sekedar mengajar (teaching), melainkan lebih ditekankan pada pembelajaran siswa (learning). Guru harus mampu menciptakan yang bermakna bagi siswa agar kompetensi dapat tercapai dengan baik. Salah satu upaya dalam meciptakan pembelajaran yang bermakna yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan memberikan dampak bagi peserta didik dalam kemampuan hard skill maupun soft skill. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Malang. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui model pembelajaran yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 1 Malang. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di SD Muhamdiyah 1 Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan tehnik trianggulasi dan bahan referensi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pelaksanaan model pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran Kurikulum 2013 meliputi (1) Pertimbangan dalam memilih model pembelajaran, (2) Pelaksanaan model pembelajaran yang diterapkan guru, (3) Kendala yang dihadapi guru dalam peenggunaan model pembelajaran, (4) Upaya guru dalam meminimalisir kendala dalam penggunaan model pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran adalah (1) Kesiapan siswa, (2) Pembagian waktu, (3) Beberapa media yang belum tersedia di sekolah. Upaya penyelesaian oleh guru dalam mengatasi beberapa kendala tersebut adalah (1) Guru melakukan pendekatan terhadap siswa agar lebih termotivasi belajar, (2) Melakukan pengelolaan kelas dan memotivasi siswa agar lebih giat dan semangat dalam mengikuti pelajaran sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar tanpa menyita waktu yang lama, (3) Guru menghadirkan alat peraga sendiri yang berasal dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:54
Last Modified: 22 Mar 2016 07:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo