UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN LEMAHBANG I KABUPATEN PASURUAN

HANDAYANI, DWI RIZKI (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN LEMAHBANG I KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwirizkiha-40475-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwirizkiha-40475-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan belajar siswa di SDN Lemahbang I Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas III SDN Lemahbang I Kabupaten Pasuruan, ditemukan bahwa hasil belajar matematika masih rendah, hal ini diperkuat oleh nilai ulangan harian yang masih rendah. Penyebabnya yaitu: (a) siswa mengalami kesulitan untuk mengurutkan dan menentukan letak bilangan, (b) ceramah menjadi pilihan utama metode belajar, (c) media yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang tepat. Sebab itu digunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media garis bilangan yang dapat membuat siswa aktif mencari penyelesaian masalah dan mengkomunikasikan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain, sehingga masing-masing siswa lebih menguasai materi dan mempunyai tanggung jawab antar anggota kelompoknya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dengan proses kemampuan mendeteksi dan menyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 9 siswa (60%) yang mengalami peningkatan menjadi 13 siswa (86,6%) pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi letak bilangan pada garis bilangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:52
Last Modified: 22 Mar 2016 07:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo