UMM Institutional Repository

MOTIF-MOTIF YANG MENDORONG AUDIENCE UNTUK MENONTON ACARA TETANGGA MASA GITU ? DI NET TV ( Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah

Andrianto, Lutfi (2015) MOTIF-MOTIF YANG MENDORONG AUDIENCE UNTUK MENONTON ACARA TETANGGA MASA GITU ? DI NET TV ( Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lutfiandri-38875-1-pendahul-n.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lutfiandri-38875-2-babi.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu media penghibur, NET TV berusaha menyajikan suatu bentuk tayangan dengan judul “Tetangga masa gitu?“. “Tetangga masa gitu?“ Merupakan situasi komedi yang menampilkan kehidupan sehari-hari dua pasangan suami-istri yang. Pasangan ini tinggal dalam satu kompleks dan hidup bertetangga disini akan selalu dibahas masalah-masalah sederhana kehidupan sehari-hari baik di internal rumah tangga mereka. Melihat hal ini, peneliti menentukan audience yang dipilih merupakan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Malang yang dianggap sebagai Audience yang aktif mengkonsumsi media dilihat dari jurusan mereka. Teori uses and gratification mengungkapkan makna media oleh audience yang digolongkan sebagai audience yang aktif, makna yang ditemukan merupakan dorongan audience untuk menonton tayangan tetangga masa gitu?. Beragam motif yang mendorong audience aktif untuk memaknai tayangan tersebut terbagi dalam 5 motif kebutuhan audience terhadap media massa yaitu diversion (pelepasan), interpersonal utility (kegunaan pribadi),relaxation (relaksasi), surveylance (pengawasan) dan knowledge (pengawasan). Dalam hal ini audience yang bersifat aktif bisa saja secara tidak sadar ada sesuatu dorongan yang membuat audience tersebut mengkonsumsi tayangan yang mereka lihat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sementara itu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini melalui metode survey. Dengan mendapatkan 140 orang sample yang ditentukan melalui Simple Random Sampling. Yang Bisa menjelaskan bagaimana Motif audience Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Malang, Data didapatkan melalui teknik kuesioner, peneliti akan mendapatkan Motif Audience secara lengkap sebagai subjek penelitian, dalam hal ini perhitungan akan dilakukan dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motif audience menonton tayangan tetangga masa gitu? Yaitu sebagai sarana relaxation artinya audience terdorong untuk menonton acara tetangga masa gitu? Didasari oleh latar belakang sebagai sarana untuk mencari hiburan dan juga kebutuhan bersantai. Selain itu ada juga audience yang terdorong menonton tayangan tetangga masa gitu? Sebagai sarana untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Dalam hal ini audience menganggap tayangan tetangga masa gitu? Adalah tayangan yang menghibur dan juga menginspirasi audience untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi di kehidupan nyata,ini dibuktikan dengan tingkat perhatian audience terhadap alur cerita yang kuat dan juga pada akting pemeran tayangan tetangga masa gitu?. Sehingga Audience sebagai pihak yang aktif bisa lebih peka dalam menonton sebuah tayangan televesi untuk memenuhi kebutuhan audience itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:48
Last Modified: 22 Mar 2016 07:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21446

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo