FATONI, MUCHAMMAD (2015) ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA KTSP DAN KURIKULUM 2013 DI SDN PAJARAN II KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PASURUAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-muchammadf-40576-1-pendahul-i.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-muchammadf-40576-2-babi.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran adalah suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dalam dunia pendidikan. KTSP adalah tindak lanjut dari Kurikulum Berbasis Kompetensi, sedangkan Kurikulum 2013 adalah pelaksanaan pembelajarannya tematik terpadu, dalam hal ini evaluasi adalah memeriksa tingkat ketercapaian keberhasilan secara operasional, sehingga dapat dilakukan suatu perbaikan. Kurikulum digunakan sebagai rencana untuk pengalaman siswa di kelas dan disekolah yang menggunakan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada KTSP dan Kurikulum 2013 di SDN Pajaran II Rembang Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui hasil observasi tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada KTSP dan Kurikulum 2013 dan juga hasil wawancara diperoleh dari subjek penelitian yaitu guru kelas 1 dan guru kelas 3 dan Kepala Sekolah di SDN Pajaran Rembang, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui hasil dokumen dan data yang bersifat umum lainnya. Hasil Penelitian menunjukkan di SDN Pajaran II Rembang Pasuruan menggunakan 2 Kurikulum yaitu pada kelas 3 dan 6 pelaksanaan evaluasinya menggunakan KTSP. Evaluasi pembelajaran KTSP menekankan pada aspek kognitifnya (berbasis kelas) dimana penilaian dilakukan pada saat pertemuan ke-4, UTS dan UAS dengan tes tertulis yang berisi pilihan ganda, uraian, dan esay. Pada Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 untuk kelas 1,2,4 dan 5 aspek penilaiannya berupa kognitif yaitu dengan penilaian tugas tertulis, penilaian afektif yaitu penilaian sikap yang dilakukan setiap hari serta penilaian psikomotorik yaitu dari tugas kelompok, keterampilan, dan praktek-praktek yang dilakukan disekolah. Peran Bapak dan Ibu guru sangat dibutuhkan dalam terlaksananya evaluasi Pembelajaran di SDN Pajaran II Rembang Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | CKO Repository |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 07:39 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 07:39 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |