UMM Institutional Repository

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN KALOWANG 05 SAPUDI SUMENEP MADURA

ISLAMI, VERGA NUR (2016) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN KALOWANG 05 SAPUDI SUMENEP MADURA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-verganuris-41956-1-pendahul-x.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-verganuris-41956-2-babi.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah suatu bentuk komunikasi yang diucapkan, ditulis, atau diisyaratkan pada sebuah sistem simbolik. Peran bahasa sangat penting dalam membuat suatu karangan deskripsi. Melalui hasil wawancara dan observasi pembelajaran di SDN Kalowang V disampaikan menggunakan bahasa daerah. Penggunaan bahasa daerah tersebut membuat kosakata bahasa Indonesia yang dimiliki siswa menjadi minim, sehingga sering terjadi penggunaan bahasa daerah dalam karangan siswa. Minimnya kosakata tersebut mempengaruhi kemampuan menulis deskripsi siswa sehingga terjadi kesalahan berbahasa pada karangan tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis tentang wujud kesalahan berbahasa yang ada pada karangan deskripsi siswa. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meggunakan tes dan observasi. Pedoman tes yang diberikan kepada siswa bertujuan untuk mengumpulkan data tentang karangan deskripsi siswa, dimana siswa memilih salah satu tema untuk dibuat karangan. Jumlah sumber data pada penelitian ini terdiri dari dua belas siswa. Hasil penelitian menunjukkan wujud kesalahan yang ada pada karangan deskrpsi siswa adalah kesalahan ejaan, kesalahan pengimbuhan, kesalahan pengulangan, kesalahan leksikal, kesalahan pembentukan klausa, dan kesalahan pembentukan kalimat. Kesalahan tersebut diakibatkan karena siswa tidak mengetahui bentuk penulisan yang benar, tidak mengetahui fungsi dari masing-masing imbuhan, tidak mengetahui bentuk dasar pengulangan dan penggunaan penanda banyak, kesalahan memilih kata dan penggunaan bahasa daerah, kesalahan penggunaan kata penghubung intrakalimat, dan kurang lengkapnya unsur kalimat dalam karangan siswa. Oleh karena itu guru harus menggunakan pedoman Ejaan Yang Disempurnakan dalam mengajarkan siswa tentang penulisan yang benar, siswa lebih banyak menulis untuk melatih kemampuan mengarangnya, dll.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:31
Last Modified: 22 Mar 2016 07:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21433

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo