UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA "KEGIATAN" MENGGUNAKAN MODEL TPS (THINK PAIR SHARE) DAN MEDIA DAKON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN KEJAPANAN IV

ANGGRAINI, KURNIA (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA "KEGIATAN" MENGGUNAKAN MODEL TPS (THINK PAIR SHARE) DAN MEDIA DAKON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN KEJAPANAN IV. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurniaangg-40580-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurniaangg-40580-2-babi.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan penerapan pembelajaran tematik tema kegiatan menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon pada kelas III SDN Kejapanan IV pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. 2) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN Kejapanan IV setelah dilakukan penerapan pembelajaran tematik tema kegiatan menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. 3) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika dan Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Kejapanan IV setelah dilakukan penerapan pembelajaran tematik tema kegiatan menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yaitu salah satu strategi penyelesaian masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dari dengan proses kemampuan mendeteksi penyelesaikan masalah. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, namun untuk melengkapi data juga digunkaan data kualitatif. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik tema "Kegiatan" menggunakan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika dan Bahasa Indonesia siswa kelas III. Rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 56.62% yang mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 70.73%. Sedangkan peningkatan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 56% (15 siswa ) yang mengalami peningkatan menjadi 81% (21 siswa) pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa kombinasi pembelajaran tematik dengan model TPS (Think Pair Share) dan media dakon dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:30
Last Modified: 13 Feb 2018 02:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo