UMM Institutional Repository

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SDN WAJAK 5 KABUPATEN MALANG DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

ANANI, MASRIFATIN (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SDN WAJAK 5 KABUPATEN MALANG DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-masrifatin-40583-1-a.penda-n.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-masrifatin-40583-2-babi.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan adanya kesulitan mengeja kata-kata dalam belajar membaca permulaan dan pembelajaran tematik pada siswa kelas 1 di SDN Wajak 05 Kabupaten Malang. Guru dalam pembelajaran mengajar belum mempersiapkan rencangan pelaksanaan pembelajaran pada kelas 1 di SD tersebut. Berdasarkan pemaparan penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi bagaimana bentuk, faktor-faktor dan penanganan kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wajak 05 Kabupaten Malang dalam pembelajaran tematik dengan menganalisis untuk mendapatkan fakta-fakta yang ada di lapangan sehingga informasi yang diperoleh dapat dipergunakan dalam mendidik peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar yang sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, faktor-faktor dan upaya penanganan kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wajak 05 Kabupaten Malang dalam pembelajaran tematik. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan berperan sebagai observer partisipasi pasif dan pengumpulan data di lapangan mulai dari proses awal penelitian sampai dengan akhir penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bentuk kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wajak 05 Kabupaten Malang dalam pembelajaran tematik yang sesuai dengan kesulitan belajar yaitu perkembangan bahasa yang lambat, rendahnya koordinasi motorik, gangguan pemusatan perhatian, kekurangan persepsi visual, kekurangan persepsi visual motor, kekurangan persepsi auditor, rendahnya kemampuan mengingat, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Wajak 05 Kabupaten Malang dalam pembelajaran tematik yaitu tidak mengenyam pendidikan Taman Kanak-kanak, kondisi kelas yang tidak memungkinkan, kurangnya perhatian siswa terhadap guru, dan kemampuan memusatkan perhatian. penanganan yang dilakukan guru SDN Wajak 05 Kabupaten Malang yaitu menggunakan media kartu huruf, memberikan kesempatan siswa kesulitan belajar membaca membacakan hasil pekerjaannya, memberikan waktu khusus untuk membimbing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:21
Last Modified: 22 Mar 2016 07:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo