PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA AUTIS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS I SEKOLAH DASAR LUAR BIASA JAYA PUTRA MALANG

FATHINIYA, RIF'AH (2010) PEMBELAJARAN GEOMETRI PADA SISWA AUTIS MELALUI PEMANFAATAN MEDIA BANGUN RUANG SEDERHANA DI KELAS I SEKOLAH DASAR LUAR BIASA JAYA PUTRA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_GEOMETRI__PADA_SISWA_AUTIS_MELALUI_PEMANFAATAN_MEDIA_BANGUN_RUANG_SEDERHANA_DI_KELAS_I_SEKOLAH_DASAR_LUAR_BIASA_JAYA_PUTRA_MALANG.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

HAnak autis adalah anak yang mengalami gangguan pada kemampuan intelektual yang disebabkan kerusakan fungsi saraf. Perkembangan belajar anak normal dengan anak autis memiliki beberapa perbedaan terutama pada bidang kognitifnya, pendidikan di sekolah autis dengan di sekolah anak normal pada dasarnya adalah sama, yang berbeda hanya pada tingkat pencapaianya. Karena anak autis merupakan anak yang memiliki penyimpangan perilaku dan hambatan berfikir, maka dimungkinkan anak autis mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Pembelajaran matematika akan jauh terasa lebih muda jika dijelaskan dengan media pembelajaran berupa benda secara konkret. Penelitian ini mengambil masalah bagaimana keterlaksanaan pembelajaran materi bangun ruang sederhana pasa siswa autis kelas I Sekolah Dasar Luar Biasa jaya Putra Malang dan bagaimana prestasi belajar matematika siswa autis kelas I Sekolah Dasar Luar Biasa Jaya Putra Malang dengan menggunakan media bangun ruang sederhana. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, metode wawancara, metode dokumentasi dan analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian selama empat kali pertemuan aktivitas guru terletak pada kriteria aktif , aktivitas siswa juga termasuk pada kriteria aktif, maka sesuai dengan ketentuan keterlaksanaan pemanfaatan media bangun ruang sederhana yaitu (1) aktivitas guru minimal dalam kriteria cukup aktif (2) kriteria aktivitas siswa pada kategori aktif. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media bangun ruang ruang sederhana dalam pembelajaran matematika memenuhi kriteria keterlaksanaan. Prestasi belajar siswa autis lebih dari atau sama dengan 60 (≥60) terhadap pembelajaran matematika melalui pemanfaatan media bangun ruang sederhana. Hal ini terlihat pada tabel 4.6 rata-rata hasil evaluasi yang diberikan pada akhir pembelajaran pada pertemuan I, II dan IV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 13 Apr 2012 03:07
Last Modified: 13 Apr 2012 03:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item