UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK DEVISA YANG GO PUBLIC TAHUN 2010-2012 (Studi Kasus 10 Bank Devisa Di Indonesia)

PUTRI, YUNITASARI (2015) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK DEVISA YANG GO PUBLIC TAHUN 2010-2012 (Studi Kasus 10 Bank Devisa Di Indonesia). Other thesis, university of muhammadiyah malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nandatriku-40462-1-pendahul-n.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadiatriyu-40461-2-babi.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap kinerja keuangan bank devisa yang go public di Indonesia tahun 2010-2012. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, sedangkan untuk pengolahan dan analisa datanya menngunakan program Microsoft Excel 2007 dan Eviews 7. Kondisi kinerja keuangan bank devisa di Indonesia dari aspek profitabilitas sudah memenuhi standar dari Bank Indonesia, dimana ditandai dengan kenaikan dari laba kotor (GPM), laba bersih (NPM), ROE, dan ROA. Dari hasil perhitungan laporan keuangan 10 bank devisa secara keseluruhan dominan mengalami peningkatan dari tahun 2010-2012. Sedangkan untuk hasil perhitungan struktur modal 10 bank devisa rata-rata mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel terikat ROE (Y3) yang memiliki hasil terbaik maka dari itu variabel inilah yang dipilih untuk dianalisis. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa nilai F hitung Y3 (4,193583) > F tabel (2,98), hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (Debt to Equity Ratio, Financial Leverage, Tangible Assets, Firm Size) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (ROE). Selain itu hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio, Tangible Assets dan Firm Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE sedangkan variabel Financal Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROE. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, maka diajukan beberapa saran dimana pihak bank devisa seharusnya lebih meningkatkan kembali dalam melakukan evaluasi atas laporan keuangan pada setiap tahunnya agar mampu mengetahui perkembangan yang ingin dicapai pada tahun selanjutnya secara maksimal. Bank devisa harus selalu melakukan pemantauan terhadap kondisi financialnya agar dapat meningkatkan profitabilitasnya lebih besar lagi dari tahun sebelumnya dan agar dapat memenuhi sesuai dengan standar dari Bank Indonesia. Agar bank devisa tersebut bisa mencapai struktur modal yang optimal, maka pihak manajemen bank tersebut harus bisa mengambil keputusan dengan cara memaksimalkan harga saham perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:02
Last Modified: 22 Mar 2016 07:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo