UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGEMBANGAN INDIKATOR PEMBELAJARAN DALAM BUKU GURU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS IV

BUDIARTI, ALFI INDAH (2015) ANALISIS PENGEMBANGAN INDIKATOR PEMBELAJARAN DALAM BUKU GURU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS IV. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfiindahb-39051-2-babi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfiindahb-39051-1-pendahul-n.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum 2006 (KTSP). Perbedaannya adalah pada kurikulum 2013 pemerintah telah menyiapkan silabus, buku guru, buku siswa, dan standar yang mendampingi kurikulum 2013, sehingga dalam proses pembelajaran guru tinggal mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Disisi lain, indikator pembelajaran yang seharusnya dibuat oleh guru, pada kurikulum 2013 indikator pembelajaran juga telah dibuat oleh tim penyusun buku yang dibentuk oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan: (1) bagaimana pemetaan kompetensi dasar dalam buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV cetakan ke 2, (2) bagaimana perumusan indikator pembelajaran dalam buku guru tematik terpadu kelas IV cetakan ke 2, dan (3) bagaimana pengembangan indikator pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas IV. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi dokumentasi pada buku guru tematik terpadu kelas IV dan wawancara dengan guru kelas IV SDN Mojolangu 1 Malang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2014. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemetaan kompetensi dasar dalam buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV cetakan ke 2 menunjukkan bahwa masih banyak KD yang tidak muncul pada pembelajaran, (2) perumusan indikator pembelajaran dalam buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV cetakan ke 2 menunjukkan bahwa masih terdapat indikator yang belum sesuai dengan kriteria perumusan indikator, dan (3) pengembangan indikator pembelajaran oleh guru kelas IV di SDN Mojolangu 1 Malang dilakukan dengan menganalisis indikator-indikator pembelajaran dalam buku guru, di mana proses analisis indikator tersebut dilakukan setiap semester. Hasil penelitian ini disarankan untuk dipergunakan sebagai masukan dalam pengembangan indikator pembelajaran yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:48
Last Modified: 22 Mar 2016 06:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21404

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo