UMM Institutional Repository

Perbandingan Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan pada Kelas IV antara SD Muhammadiyah 04 dengan SDN Mojorejo 01 di Kota Batu

CAHYANI, INDRAYATI GUNAWAN (2015) Perbandingan Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan pada Kelas IV antara SD Muhammadiyah 04 dengan SDN Mojorejo 01 di Kota Batu. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indrayatig-39063-2-babi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indrayatig-39063-1-pendahul-n.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Pendekatan scientific merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan. Pelaksanaan pendekatan scientific memiliki standar isi kurikulum 2013 sebagai acuan. Berdasarkan hasil observasi awal, pelaksanaan pendekatan scientific sudah berjalan dengan baik dan tepat. Oleh karena itu peneliti melaksanaan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan scientific, membandingkan pelaksanaan pendekatan scientific di sekolah swasta dan negeri, menganalisis kendala yang dihadapi serta memaparkan strategi untuk mengatasi kendala yang dihadapi SD Muhammadiyah 04 dan SDN Mojorejo 01 di Kota Batu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah-langkah yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik pemeriksaan. Teknik pemeriksaan yang digunakan yaitu tiangulasi baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pendekatan scientific di sekolah swasta dan negeri sudah terlaksanaan dengan baik, (2) perbandingan pelaksanaan scientific dari keseluruhan pelaksanaan hampir sama dari langkah pembelajaran 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan), (3) kendala yang dialami dari langkah pembelajaran 5M yang tidak bisa dilaksanakan disebabkan sumber informasi yang kurang dan waktu pemebelajaran, (4) strategi pihak sekolah untuk mengatasi kendala yang dialami yaitu sebisa mungkin menyediakan sumber informasi yang dibutuhkan peserta didik, memberikan waktu tamabahan dan prasaranaan yang dapat mendukung pelaksanaan pendekatan scientific.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:41
Last Modified: 22 Mar 2016 06:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21398

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo