UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI GERAK BENDA KELAS III SDN KEDUNGSARI BOJONEGORO

INDAH, RATIH PUSPITA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI GERAK BENDA KELAS III SDN KEDUNGSARI BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratihpuspi-40592-1-pendahul-n.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratihpuspi-40592-2-babi.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SDN Kedungsari Bojonegoro. Hal ini dikarenakan pembelajaran berpusat pada guru, yang menyebabkan siswa tidak mendapatkan kesempatan mengemukakan pendapat, pasif dan kondisi kelas kurang kondusif. Hal tersebut menjadikan hasil belajar siswa menurun, terlihat dari hasil ulangan harian siswa dari 19 siswa, sebanyak 11 siswa yang nilainya di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 65. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar yang masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Scientific Approach atau pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA gerak benda siswa kelas III SDN Kedungsari Bojonegoro. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kedungsari Bojonegoro yang berjumlah 19 siswa. Pelaksanaan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dimana dari dua siklus tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gerak benda. Pada kegiatan pembelajaran hasil belajar siswa pelajaran IPA mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I 42% dan pada siklus ke II dengan persentase 89%, dengan menggunakan pendekatan saintifik siswa dapat menjadi aktif dan semangat dalam belajar. Kesimpulannya adalah menggunakan Scientific Approach atau pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Gerak Benda SDN kedungsari Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:40
Last Modified: 22 Mar 2016 06:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21397

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo