UMM Institutional Repository

KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH SD NEGERI LOWOKWARU 3 MALANG

AZIZAH, NINA NUR (2015) KINERJA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SEKOLAH SD NEGERI LOWOKWARU 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ninanurazi-39065-2-bab1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ninanurazi-39065-1-pendahul-n.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Adanya Permendiknas no.13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah yang didalamnya mencakup kompetensi yang harus dimiliki, salah satunya kompetensi manajerial. Kompetensi ini sangat menentukan kualitas sekolah yang dipimpin oleh kepala sekolah, sehingga akan berpengaruh pada kinerjanya. Kinerja kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah yang tepat akan menghasilkan sekolah dengan prestasi yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) kinerja kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan prestasi sekolah, (2) hambatan yang dialami dalam meningkatkan prestasi sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober tahun 2014. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan juga studi dokumen. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, staff tenaga pendidik dan kependidikan, dan pengawas sekolah. Sedangkan untuk data sekunder didapatkan melalui dokumen-dokumen sekolah yang berhubungan dengan kinerja kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) kinerja seorang kepala sekolah terbagi menjadi 3 fokus yaitu, yang pertama perencanaan, berupa peran kepala sekolah sebagai perumus kebijakan dan innovator, sedangkan yeng kedua pelaksanaan, berupa peran kepala sekolah sebagai pelaksana tiap-tiap kegiatan yang telah dirumuskan dan yang ketiga adalah pengawasan dan evaluasi, berupa peran kepala sekolah sebagai supervisor bagi seluruh warga sekolah yang ada dan juga peninjau bagi sekolah yang dia pimpin, (2) hambatan yang dialami terbagi menjadi 2 jenis, yaitu hambatan internal yang berasal dari pihak sekolah, baik itu guru, staff TU dan juga siswa SD tersebut, dan hambatan eksternal yang berasal dari pihak luar sekolah yaitu orang tua siswa. Adapun hambatan internal berupa kurangnya kejelian seorang guru dalam menentukan minat dan bakat siswa tersebut, sedangkan hambatan eksternal berupa kurangnya partisipasi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya berlomba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:37
Last Modified: 22 Mar 2016 06:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21393

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo