UMM Institutional Repository

PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI CERITA ANAK PADA SISWA KELAS I SDN KETAWANGGEDE KOTA MALANG

ANWAR, RAUDLATUL (2015) PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI CERITA ANAK PADA SISWA KELAS I SDN KETAWANGGEDE KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raudlatula-39066-2-babi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-raudlatula-39066-1-pendahul-n.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi, terdapat adanya beberapa masalah dalam kemampuan membaca siswa. Perlu adanya metode pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Selain itu, metode yang diperlukan juga dapat memusatkan perhatian dan konsentrasi siswa, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami apa yang dibacanya. Maka dari itu, metode bercerita dengan gambar dijadikan suatu solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan gambar terhadap kemampuan membaca cerita pada siswa kelas I (2) Untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan gambar terhadap kemampuan memahami cerita pada siswa kelas I. Jenis penelitian ini adalah peneletian Pre Experimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-postest design. Dalam desain ini siswa diberikan pretes terlebih dahulu sebelum diberi perlakuan, dan diberikan postes setelah siswa diberi perlakuan. Dengan demikian, hasil dari perlakuan dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil rata-rata nilai kemampuan membaca siswa sebelum penggunaan metode bercerita adalah 5,04 dan setelah penggunaan metode bercerita adalah 7,48. Sedangkan nilai rata-rata hasil pretes dan postes untuk mengukur kemampuan memahami siswa adalah 58,26 dan 76,96. Dengan demikian didapatkan kesimpulan bahwa metode bercerita dengan gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan memahami cerita anak di kelas I SDN Ketawanggede Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:34
Last Modified: 22 Mar 2016 06:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21391

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo