UMM Institutional Repository

RESPON SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 09 MALANG

ATIKA, RINDA (2015) RESPON SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 09 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rindaatika-40595-1-1.pendah-n.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rindaatika-40595-2-babi.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan konsep pendidikan yang tidak membeda-bedakan latar belakang kehidupan anak karena keterbatasan fisik maupun mental, dan anak dapat belajar bersama di sekolah reguler dan mendapatkan berbagai pelayanan pendukung dan pendidikan sesuai dengan kebutuhannya. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas II D SD Muhammadiyah 09 Malang ditemukan siswa ABK mengalami kesulitan dalam aspek kognitif (membaca, menulis, dan berhitung). Hal ini terlihat pada saat guru memberikan stimulus kepada siswa, untuk meresponnya siswa membutuhkan waktu yang relatif lama., tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) respon siswa tunagrahita ringan terhadap proses pembelajaran (2) interaksi siswa berkebutuhan khusus (ABK ) dan siswa normal dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini akan dikaji teori-teori tentang respon kognitif, afektif, dan konatif siswa dalam proses pembelajaran, khususnya siswa berkebutuhan khusus, akan dikaji tentang pendidikan inklusif, anak ABK khususnya anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sebagai sumber data, dipilih guru kelas II dan siswa ABK SD Muhammadiyah 09 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) respon siswa dalam proses pembelajaran dikatakan baik, jika guru menstimulus siswa tidak bertahap, dan jika guru menstimulus siswa secara bertahap, siswa mengalami kesulitan dan membutuhkan bimbingan dan layanan yang tepat. (2) interaksi antara siswa berkebutuhan khusus (ABK) dengan siswa normal terjalin dengan baik, karena siswa kelas II D memiliki rasa empati yang tinggi terhadap teman-temannya yang memiliki kekurangan, disamping hal tersebut siswa juga ditanamkan sikap saling menyanyangi dan menghargai, sebab dalam islam juga dijelaskan bahwa orang-orang yang memiliki kelebihan berkewajiban membantu orang-orang yang memiliki kekurangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:33
Last Modified: 22 Mar 2016 06:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21390

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo