UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN NARASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 9 KALIBARU WETAN BANYUWANGI

Widyuta, Widi Angger (2015) PENERAPAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN NARASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 9 KALIBARU WETAN BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widiangger-40605-1-1)penda-n.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-widiangger-40605-2-2)babi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas V SDN 9 Kalibaru Wetan Kabupaten Banyuwangi, terdapat rendahnya kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi dan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan olehmetode yang digunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran di kelas kurang dapat memancing kreativitas siswa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini diantaranya: (1) Mengetahui pelaksanaan metode Experiental Learning materi menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Kalibaru Wetan Kabupaten Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui peningkatan kreativitas dalam menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Kalibaru Wetan Kabupaten Banyuwangi. (3) Untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Kalibaru Wetan Banyuwangi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dari model Kemmis Taggart dengan empat tahap, yaitu; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) refleksi. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa V SDN Kalibaru Wetan Banyuwangi yang berjumlah 23 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Kalibaru Wetan Banyuwangi, serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian menulis karangan narasi, lembar tes evaluasi, dan lembar catatan lapang. Kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi diperoleh dari hasil produk siswa berupa karangan narasi, sedangkan untuk hasil belajar siswa diperoleh dari rata-rata hasil tes evaluasi dan hasil produk siswa. Hasil produk siswa berupa karangan narasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada pada siklus I rata-rata kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi sebesar 51,95 . Sedangkan rata-rata kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi pada siklus II sebesar 66,08, Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II terdapat peningkatan rata-rata kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi yaitu dari 51,95 menjadi 66,08. Hasil belajar pada siklus I, siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu 74 mencapai 7 siswa (39,13%). Pada siklus II mencapai 14 siswa (87%). Hal ini membuktikan bahwa dengan metode Experiental Learning mampu meningkatkan kreativitas menulis karangan narasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kalibaru Wetan Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:12
Last Modified: 22 Mar 2016 06:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21362

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo