UMM Institutional Repository

HUBUNGAN LATAR BELAKANG EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI JABUNG CANDI

WIJATMOKO, IBNU (2015) HUBUNGAN LATAR BELAKANG EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI JABUNG CANDI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ibnuwijatm-40608-1-pendahul-n.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ibnuwijatm-40608-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Minat belajar dan latar belakang ekonomi keluarga sering kali memiliki hubungan yang erat kaitannya dalam belajar dengan kebutuhan terpenuhi, kemampuan ekonomi keluarga cenderung mempunyai hubungan terhadap minat siswa untuk belajar dengan rajin. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan latar belakang ekonomi keluarga, 2) mendiskripsikan minat belajar Matematika, dan 3) mengetahui adanya hubungan latar belakang ekonomi terhadap minat belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Jabung Candi. Permasalahan dalam penelitian ini 1) bagaimana latar belakang ekonomi keluarga, 2) bagaimana minat belajar Matematika Kelas V SD Negeri Jabung Candi, dan 3) apakah ada hubungan latar belakang ekonomi keluarga terhadap minat belajar Matematika kelas V SD Negeri Jabung Candi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang lengkap 30 dangan orang tua siswa yang ada di SD Negeri Jabung Candi. Metode pungumpulan data observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan rumus skala likert adalah untuk mengukur latar belakang ekonomi dengan melihat UMR yang telah ditetapkan pada Kabupaten Probolinggo berjumlah 1.353,750 sesuai dengan jumlah penduduk di daerah Probolinggo dan melihat minat belajar Matematika siswa kelas V. Sumber data untuk penelitian ini adalah siswa, dan orang tua. Teknik analisis data adalah deskriptif hanya menjelaskan hubungan antar variabel. Untuk mengetahui latar belakang ekonomi keluarga terhadap minat siswa belajar Matematika. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan dari 30 siswa dengan 1) Latar belakang ekonomi keluarga orang tua siswa kelas V SD Negeri Jabung Candi dibedakan menjadi 3, yaitu berlatar belakang ekonomi tinggi berjumlah 7 keluarga, berlatar belakang ekonomi sedang berjumlah 8 keluarga, dan berlatar belakang ekonomi rendah berjumlah 15 keluarga. 2) Minat belajar siswa kelas V SD Negeri Jabung candi dibedakan menjadi 3, yaitu minat belajar tinggi berjumlah 8 siswa, minat belajar sedang berjumlah 10 siswa dan minat belajar 12 siswa. Dari 8 siswa yang berminat tinggi berasal dari 3 berlatar belakang ekonomi tinggi, 2 berlatar belakang ekonomi sedang, dan 3 berlatar belakang ekonomi randah. Dari 10 siswa yang minat sedang berasal dari 2 ekonominya tinggi, 3 ekonominya sedang, dan 5 ekonominya renda. Dari 12 siswa yang berminat rendah berasal dari 2 ekonomi tinggi, 3 ekonomi sedang, dan 7 ekonomi rendah. 3) Latar belakang ekonomi keluarga ada hubungan terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri Jabung Candi, dengan latar belakang ekonomi tinggi minat belajar tinggi, latar belakang ekonomi sedang minat belajar sedang dan juga rendah, dan latar belakang ekonomi rendah minat belajar rendah. Hal ini bisa dilihat pada hasil presentase yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 06:03
Last Modified: 22 Mar 2016 06:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21351

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo