UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KERANJANG HAMTARO (KERANTARO) UNTUK MATERI MENGURUTKAN BILANGAN PADA KELAS II SEKOLAH DASAR

HERMANTO, RUDY (2015) PENGEMBANGAN MEDIA KERANJANG HAMTARO (KERANTARO) UNTUK MATERI MENGURUTKAN BILANGAN PADA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rudyherman-41507-1-pendahul-).pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rudyherman-41507-2-babi.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan penggunaan media pembelajaran yang diperoleh hasil wawancara dan observasi. Hasil analisis kebutuhan diketahui bahwa guru belum memiliki media berupa benda kongkret yang dapat digunakan untuk belajar tentang mengurutkan bilangan. Guru lebih mengandalkan buku dan papan tulis untuk menjelaskan materi. Keterbatasan media pembelajaran disebabkan kurangnya fasilitas dari sekolah dan guru kurang memiliki banyak waktu untuk membuat media pembelajaran. Melalui penggunaan media pembelajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan media Keranjang Hamtaro (Kerantaro) untuk materi mengurutkan bilangan pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mendeskripsikan pengembangan media Keranjang Hamtaro (Kerantaro) untuk materi mengurutkan bilangan pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Media ini dikembangkan mengikuti langkah-langkah prosedural dari Sugiyono (2010). Adapun langkah-langkah yang ditempuh untuk menghasilkan produk meliputi (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk tahap akhir, (10) produksi massal. Data dan sumber data berupa angket respon siswa. Metode yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan mengubah data kuantitatif menjadi bentuk persentase, kemudian diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu : (1) pengembangan media diperoleh dari beberapa tahapan, diantaranya : analisis kebutuhan, proses pengembangan, pengukuran kelayakan oleh para ahli, revisi produk dan uji coba produk, (2) produk akhir dari proses pengembangan berupa media Keranjang Hamtaro (Kerantaro) memiliki kualitas baik sekali dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika, (3) hasil validasi ahli media memberikan persentase tingkat kelayakan 81,1%, ahli materi 95,3%, dan ahli pembelajaran 94%, (4) hasil uji coba kelompok kecil 90% dan uji coba kelompok besar menunjukkan persentase 96,2%. Deskripsi Alternatif :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:55
Last Modified: 22 Mar 2016 04:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21332

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo