UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA KAPAS (KARTU PASANGAN) PADA MATERI MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SDN DURUNG BEDUG CANDI SIDOARJO

FATMAWATI, ULFA (2015) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA KAPAS (KARTU PASANGAN) PADA MATERI MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SDN DURUNG BEDUG CANDI SIDOARJO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulfafatmaw-41508-1-pendahul-n.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulfafatmaw-41508-2-babi.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penggunaan media kapas yang belum maksimal, hal ini ditunjukkan dengan peserta didik tidak memperhatikan materi, berbuat gaduh dan tidak kondusif ketika guru menjelaskan materi makananaku sehat bergizi dengan mengunakan media kapas kelas IV dalam pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penggunaan media kapas 2) Mendeskripsikan kendala guru dalam penggunaan media kapas. 3) Mendeskripsikan upaya guru dalam menghadapi kendala pada penggunaan media kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 30 siswa. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media kapas dibagi menjadi beberapa set, sesuai dengan banyaknya kelompok. Setiap set berisi kartu bergambar dengan pasangannya secara acak. Setiap anggota kelompok mencari setiap pasangan kartu gambar dan dipasangkan sesuai dengan pasangannya. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media kapas antara lain a) kurangnya ketertarikan siswa dalam tampilan media, b) banyaknya siswa menjadikan suasana kelas kurang kondusif dan kurang efektif, yang disebabkan ruangan yang kurang ideal 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala yaitu a) memperbaiki media yang telah digunakan agar lebih menarik tampilannya dan lebih kuat, b) membagi siswa menjadi kelompok kecil serta memindahkan tempat duduk siswa yang kurang memperhatikan materi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:53
Last Modified: 22 Mar 2016 04:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21330

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo