UMM Institutional Repository

ANALISIS METODE PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 4 KARANGPATIHAN “KAMPUNG IDIOT” KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO

FINDIAFUTRY, ELSY BERLIAN (2015) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN KELAS IV DI SDN 4 KARANGPATIHAN “KAMPUNG IDIOT” KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elsyberlia-41510-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elsyberlia-41510-2-babi.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan metode pembelajaran memerlukan guru yang kreatif dan memiliki keterampilan baik dalam menyiapkan kegiatan belajar bagi anak, agar pembelajaran menjadi lebih bermakna, menarik dan menyenangkan. Standar proses mencakup perencanaan proses pembelajar¬an, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pem¬belajaran untuk ter¬laksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) metode yang digunakan dalam pembelajaran kelas IV di SDN 4 Karangpatihan (2) pelaksanaan metode pembelajaran kelas IV di SDN 4 Karangpatihan (3) hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Karangpatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif . Sumber data diperoleh dari obervasi terhadap aktivitas guru kelas IV dan wawancara kepada guru kelas IV. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 6-8 Agustus 2015, dengan subyek penelitian adalah guru kelas IV di SDN 4 Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV menggunakan berbagai metode pembelajaran yaitu metode ceramah, tanya jawab, latihan/drill, presentasi, diskusi, kerja lapang, demonstrasi, dan penugasan. Pelaksanaan metode pembelajaran sesuai dengan penerapan pada setiap metode pembelajaran yang dilakukan. Guru melaksanakan metode pembelajaran dengan mengawali pembukaan, inti dan penutup dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai KKM . Metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan kurang kreatif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru dan sekolah untuk mengembangkan metode pembelajaran lebih kreatif dalam proses pembelajaran di SDN 4 Karangpatihan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Agar pelaksanaan metode pembelajaran selanjutnya bisa lebih kreatif dan hasil belajar siswa maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:51
Last Modified: 22 Mar 2016 04:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21329

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo