UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TLOGOMAS 2 MALANG

HAULINA, FIKA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN TLOGOMAS 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikahaulin-39172-2-babi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fikahaulin-39172-1-pendahul-n.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali berupa hasil observasi awal, bahwa siswa banyak yang mengalami permasalahan dalam pembelajaran Matematika. Sebab dari permasalahan ini adalah, guru hanya menggunakan metode yang bersifat konvensional yaitu ceramah sehingga siswa dalam menjawab soal Perbandingan masih banyak yang salah, yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses penerapan metode Berkirim salam dan soal serta mengetahui bagaimana hasil penerapan metode Berkirim salam dan soal untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Perbandingan siswa kelas V SDN Tlogomas 2 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2014. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan berupa hasil tes evaluasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Berkirim salam dan soal dapat terlaksana dengan baik. Hal tersebut dilihat dari hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru maupun pada siswa yang menunjukkan semua kegiatan terlaksana. Metode Berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil siklus I sebanyak 21 siswa mencapai ketuntasan belajar (57%), sedangkan 16 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (43%). Siklus II sebanyak 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (86,5%), sedangkan 5 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (13,5%). Dengan demikian keterlasanaan penggunaan metode Berkirim salam dan soal pada materi Perbandingan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:49
Last Modified: 22 Mar 2016 04:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21326

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo