UMM Institutional Repository

PENDEKATAN PROBLEM POSSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KABUPATEN MALANG

HAULIKA, FIRA (2015) PENDEKATAN PROBLEM POSSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firahaulik-39174-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firahaulik-39174-1-pendahul-n.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali berdasarkan hasil wawancara, bahwa selama pembelajaran di kelas peserta didik mengalami kesulitan apabila diberi soal yang berbeda dari contoh soal yang diberikan oleh guru, siswa juga mengalami kesulitan ketika mengahadapi soal cerita dan memahami kalimat dalam soal cerita.Hal tersebut disebabkan karena siswa terlalu berpedoman pada buku paket, sehingga menyebabkan kurang berkembangnya penguasaan kreativitas siswa pada pembelajaran matematika serta keaktifan pada proses pembelajaran. Untuk itu perlu diterapkan metode pembelajaran yang bisa melibatkan peserta didik secara langsung dalam merumuskan masalah matematika, maka salah satu alternatif pembelajaran tersebut dengan pendekatan problem possing. Problem possing adalah merumuskan atau membuat soal dari situasi yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : 1) aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan pendekatan problem possing dalam pembelajaran matematika di kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau, dan 2) hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau dengan menggunakan pendekatan problem possing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan problem posing. Sumber data adalah siswa kelas VB SD Muhammadiyah 08 Dau-Malang dan peneliti. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, pengerjaan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa selama penerapan pendekatan problem possing. Analisis data dilakukan dengan menghitung presentase nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat pencapaian aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) aktivitas guru selama pembelajaran berkategori sangat baik, dengan rincian tingkat aktivitas guru tahap awal berkategori sangat baik, dari aktivitas guru tahap inti juga berkategori sangat baik, dan untuk aktivitas guru tahap akhir berkategori baik, 2) aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berkategori baik, dengan rincian tingkat aktivitas mengamati dan menanya berkategori paling tinggi yaitu sangat baik, aktivitas mencoba berkategori baik, sedangkan untuk aktivitas menalar berkategori cukup dan membentuk jejaring berkategori rendah yaitu kurang baik. 3) Hasil belajar siswa dengan pendekatan problem possing dikategorikan sangat baik, dengan rincian dari 23 siswa yang hadir saat tes siswa dengan kategori sangat baik yaitu 69,6% siswa atau sebanyak 16 siswa, 17,4% siswa atau sebanyak 4 siswa pada kategori baik dan 13% siswa atau sebanyak 3 siswa pada kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:45
Last Modified: 22 Mar 2016 04:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21322

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo