SUSANTI, VIONA (2015) ANALISIS TEKNIK-TEKNIK GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IB SD MUHAMMADIYAH 04 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-vionasusan-39187-2-bab1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-vionasusan-39187-1-pendahul-n.pdf Download (958kB) | Preview |
Abstract
Tindakan mengelola kelas yang dilakukan guru adalah suatu tindakan penyediaan kondisi yang optimal agar peroses belajar mengajar berlangsung efektif, untuk mewujudkan hal tersebut perlu diciptakannya suasana kelas yang mendukung peroses belajar mengajar melalui tindakan guru dengan menyediakan kondisi baik fisik maupun kondisi sosio-emosional sehingga peserta didik merasakan kenyamanan dan keamanan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) teknik-teknik guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IB SD Muhammadiyah 04 Batu; (2) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan teknik pengelolaan kelas tematik terpadu pada kelas IB SD Muhammadiyah 04 Batu, dan (3) solusi terhadap kendala yang dihadapi guru dalam penerapan teknik pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IB SD Muhammadiyah 04 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih guru kelas IB, empat orang siswa kelas IB, dan kepala sekolah SD Muhammadiyah 04 Batu. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2014 dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menurut Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan (1) guru menerapkan teknik pengelolaan kelas sesuai dengan pembelajaran tematik terpadu, dan teknik yang dilihat dari kondisi fisik kelas dan sosio-emosional guru (2) kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan penataan ruang kelas, pengaturan anak didik serta pengelolaan materi pembelajaran, dan (3)kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan teknik pengelolaan kelas adalah kurangnya wawasan guru mengenai pengelolaan kelas serta keberagaman pribadi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, teknik-teknik guru dalam pengelolaan kelas disarankan untuk diimplementasikan sesuai kreatifitas guru untuk mendukung kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | CKO Repository |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 04:25 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 04:25 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |