UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

KARINA, FARLIANDA ARNES (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farliandaa-41969-1-pendahul-n.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-farliandaa-41969-2-babi.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SDN Blimbing V Malang, pendidik sudah menggunakan media pembelajaran, namun media yang digunakan hanya sebatas media gambar dan papan tulis. Hal ini terlihat dari peserta didik yang merasa cepat bosan dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk itu diperlukan inovasi dalam menggunakan media belajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cara mengembangkan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaraan dan menghasilkan produk berupa media komik pendidikan pada pembelajaran tematik untuk siswa SD, dengan harapan mendia pembelajaran dapat digunakan secara efektif. Penelitian ini akan mengacu pada model pengembangan Research and Development oleh Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan untuk mengetahui potensi dan masalah, kemudian melakukan pengembangan desain produk. Produk yang sudah dikembangkan divalidasi oleh ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli pembelajaran tematik SD. Setelah itu, produk tersebut direvisi sesuai dengan masukan yang diberikan oleh para ahli. Kemudian, media diujicobakan kepada peserta didik kelas IV SD. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan media komik pendidikan menunjukkan kualitas media berdasarkan validasi media, validasi ahli materi, dan validasi ahli pembelajaran tematik memiliki kategori sangat baik atau sangat layak. Hal ini dapat dilihat dari persentase yang dihasilkan oleh ahli media sebesar 88%, ahli materi sebesar 98%, dan ahli pembelajaran tematik sebesar 100%. Hasil uji coba kepada peserta didik juga mendapatkan respon positif yaitu 94,96% saat uji coba produk dan 84,53% saat uji coba kelompok besar. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media komik pendidikan tema indahnya kebersamaan “sangat layak” sebagai alternatif media pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:12
Last Modified: 22 Mar 2016 04:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21288

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo