UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS 1 SDN BLIMIBING 3 MALANG

PUSPITA, DIANITA (2015) ANALISIS PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS 1 SDN BLIMIBING 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianitapus-39514-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianitapus-39514-1-pendahul-n.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia berkaitan erat salah satunya dengan proses pembelajaran yang secara operasional dilaksanakan oleh guru di kelas. Pembelajaran yang dilaksanakan guru meliputi dua hal yaitu pengelolaan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas yang baik sesuai dengan acuan sepuluh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas yang ada pada Peraturan Mendikbud RI Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengelolaan kelas yang efektif akan mampu memberikan rasa nyaman bagi siswa untuk berada di dalamnya dan melakukan aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Malang Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Malang, (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Kota Malang, (3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data yang dijabarkan berupa data deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui hasil observasi tentang pelaksanaan pengelolaan kelas selama pembelajaran tematik terpadu berlangsung dan juga hasil wawancara diperoleh dari subjek penelitian yaitu guru kelas 1B di SDN Blimbing 3 Malang. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui hasil dokumentasi dan data yang bersifat umum lainnya. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 SDN Blimbing 3 Malang dilaksanakan sesuai dengan acuan sepuluh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas yang ada pada Peraturan Mendikbud RI Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I SDN Blimbing 3 Malang yaitu guru atau pendidik, sarana dan prasarana, dan dinamika kelas sedangkan faktor penghambatnya antara lain peserta didik dan kebiasaaan atau lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:12
Last Modified: 22 Mar 2016 04:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21287

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo