UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA MONOPROFESI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI SEKOLAH DASAR

GUMELAR, GINANJAR GALIH (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPROFESI DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ginanjarga-41970-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ginanjarga-41970-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa terhadap mata pelajaran IPS yaitu materi jenis-jenis pekerjaan di SD Muhammadyah 9 Malang Kecamatan Klojen Kota Malang masih sangat sulit sekali dipahami oleh siswa. Metode serta media yang digunakan masih seadanya, sehingga perlu adanya perbaikan dan peningkatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur produk pengembangan Monoprofesi, (2) menghasilkan buku petunjuk penggunaan Monoprofesi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development), yaitu menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dimaksudkan adalah Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk Tahap Akhir, dan Produksi Masal. Pengembangan produk dalam penelitian ini, hanya dilakukan sampai langkah ke 9 yaitu revisi produk tahap akhir. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran Monoprofesi menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli media pembelajaran menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 84,61 %, hasil yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 95 %, sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran kelas III juga menunjukkan kriteria sangat valid dengan presentase adalah 96 %. Selain itu, hasil uji coba kelompok kecil pada 15 siswa kelas III B SD Muhammadyah 9 Malang Kecamatan Klojen Kota Malang memperoleh respon positif siswa dengan presentase 84,67% sedangkan uji coba kelompok besar pada 30 siswa kelas III A diperoleh presentase 92,67 % Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media Monoprofesi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran IPS di SD Muhammadyah 9 Malang Kecamatan Klojen Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:11
Last Modified: 22 Mar 2016 04:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21286

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo