UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN WORDLESS PICTURE BOOKS BERBANTU MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PADA DIALOG KELAS V SEKOLAH DASAR

FIRDAUSI, IDA ANNAS (2016) PENGEMBANGAN WORDLESS PICTURE BOOKS BERBANTU MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PADA DIALOG KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idaannasfi-41971-1-pendahul-x.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-idaannasfi-41971-2-babi.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam kegiatan menulis kreatif saat ini mulai rendah siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir, sehingga perlu adanya upaya perbaikan melalui pemanfaatan media pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan melalui pengamatan, observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa belum dapat berimajinasi dan memperluas pengetahuannya pada saat menulis dialog. Siswa kesulitan menulis dialog dengan tema yang ditentukan karena tidak adanya media penunjang yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bentuk media “Wordless Picture Books” yang menarik untuk membantu siswa memunculkan ide-ide, gagasan, imajinasinya saat menulis dialog. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall yang diadopsi dari Sugiyono. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas 5 MI Cemorokandang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-September 2015 dalam dua tahap, yaitu penelitian kelompok kecil dan penelitian kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordless Picture Books Berbantu Media Kartu dapat membantu siswa dalam kegiatan menulis kreatif dialog. Hal ini dibuktikan oleh hasil validasi beberapa ahli antara lain, validasi ahli media sebesar 76,9%, validasi ahli materi sebesar 92,3%, dan validasi ahli bidang studi sebesar 89,2%. Sementara hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa 84,2% pembelajaran menggunakan Wordless Picture Books Berbantu Media Kartu dalam kegiatan menulis kreatif dialog ternyata mendapat respon positif dari siswa dan valid. Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa 90,75% pembelajaran menggunakan Wordless Picture Books Berbantu Media Kartu sangat layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran. Wordless Picture Books dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran pada program pengajaran dan bimbingan belajar serta mengembangkan media pembelajaran lain yang dapat mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:09
Last Modified: 22 Mar 2016 04:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21284

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo