UMM Institutional Repository

i ANALISIS TINDAKAN VERBAL SCHOOL BULLYING OLEH SISWA PADA TINGKATAN SEKOLAH DASAR KELAS 4 DI SDN CIPTOMULYO 1 MALANG

ARUM, INEKE LINTANG (2016) i ANALISIS TINDAKAN VERBAL SCHOOL BULLYING OLEH SISWA PADA TINGKATAN SEKOLAH DASAR KELAS 4 DI SDN CIPTOMULYO 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-inekelinta-41972-1-pendahul-n.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-inekelinta-41972-2-babi.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Verbal school bullying merupakan tindakan negatif seseorang atau sekelompok orang secara berulang kali yang dilakukan secara lisan dengan menyalahgunakan ketidakseimbangan kekuatan bertujuan menyakiti targetnya (korbannya). Tindakan ini masih banyak dilakukan baik secara sadar maupun tidak dikarenakan banyak masyarakat yang menganggap tindakan tersebut merupakan hal yang wajar, namun tindakan tersebut sebenarnya memiliki dampak negatif yang cukup besar kepada korban terutama terhadap pembentukan kepribadian siswa. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan bentuk tindakan Verbal School Bullying oleh siswa kelas 4 SDN Ciptomulyo 1 Malang , (2) Mengetahui dan mendeskripsikan dampak tindakan Verbal School Bullying bagi korban yang terjadi pada siswa kelas 4 SDN Ciptomulyo 1 Malang, (3) Mengetahui dan mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan oleh guru untuk mengatasi tindakan Verbal School Bullying oleh siswa kelas 4 SDN Ciptomulyo 1 Malang Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Peneliti mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk kata-kata. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Ciptomulyo 1 Malang. Sumber data diperoleh dari teknik wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Verbal bullying masih banyak terjadi pada sekolah dasar terutama dengan bentuk name calling dengan prosentase tindakan skala selalu 3,84% dan skala sering 15,4%, Putdowns dengan prosentase tindakan skala sering 11,5%, ejekan/celaan dengan prosentase tindakan skala sering 11,5%, dan ancaman dengan prosentase tindakan skala sering 7,7%; (2) Dampak yang banyak muncul dari tindakan verbal bullying adalah pembalasan secara fisik dengan besar prosentase pemilih skala sering 7%-75%, 50% siswa merasa tidak percaya diri, 19,2% siswa memilih untuk merasa bersedih, 38,5% siswa memilih untuk terkadang merasa bersedih atau melampiaskan kemarahan mereka dengan ejekan yang seimbang, dan peniruan yang dari tindakan yang dialami.; (3) Solusi yang dapat diberikan untuk meminimalisir dampak tindakan verbal bullying adalah dengan mendekatkan diri dengan siswa. Sanksi yang diberikan kepada pelaku hendaknya dipilih dengan baik agar tidak menjadi contoh semakin buruk bagi pelaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:07
Last Modified: 22 Mar 2016 04:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21282

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo