UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGIATANKU SISWA KELAS 1 SDN LANDUNGSARI 2 MALANG

ARIF, AHMAD FATKHUL (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGIATANKU SISWA KELAS 1 SDN LANDUNGSARI 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadfatkh-39521-2-1babi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadfatkh-39521-1-pendahul-n.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataan bahwa pemahaman siswa terhadap pembelajaran tematik tema kegiatanku subtema kegiatan sore hari masih kurang, penyebabnya dikarenakan guru masih menekankan konsep yang ada di buku dan siswa tidak diberikan kesempatan berpikir kritis guna memecahkan masalah sekitar, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui model pembelajaran Discovery Learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1)bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas 1 SDN Landungsari 2 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning?, (2)bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning?, (3)bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning?. Tujuannya (1)mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas 1 SDN Landungsari 2 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, (2)menjelaskan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning, dan (3)menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini berasal dari siswa kelas I SDN Landungsari 2 Malang dengan jumlah 13 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif maupun kuantitatif. Keterlaksanaan pembelajaran tematik sudah sesuai langkah-langkah model Discovery Learning dan berlangsung dengan baik pada siklus I dan II. Adapun prosentase pada siklus I untuk aktivitas belajar siswa dalam kategori baik mencapai 39%, 46% cukup baik, 15% kurang, dan siklus II kategori baik mencapai 77%, dan 23% cukup baik. Sedangkan prosesntase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 54% dengan ketuntasan klasikal yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan klasikal mencapai 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema kegiatanku subtema kegiatan sore hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:07
Last Modified: 22 Mar 2016 04:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21281

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo