UMM Institutional Repository

i PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DENGAN MENERAPKAN METODE IMAGINE DI SDN SITIREJO 04 WAGIR

ALDINA, NICKY NAWA (2016) i PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DENGAN MENERAPKAN METODE IMAGINE DI SDN SITIREJO 04 WAGIR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nickynawaa-41975-1-pendahul-n.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nickynawaa-41975-2-babi.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Sitirejo 04 Wagir yaitu siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide-idenya dalam bentuk tulisan dengan menggunakan aturan-aturan menulis sehingga hasilnya belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih belum mengarahkan siswa untuk aktif dan berinteraksi antar teman. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode imagine dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis pada tema Indahnya Kebersamaan siswa kelas IV SDN Sitirejo 04 Wagir. (2) peningkatan keterampilan menulis pada tema indahnya kebersamaan dengan menerapkan metode imagine siswa kelas IV SDN Sitirejo 04 Wagir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data yang diambil berupa hasil observasi dan hasil tes tulis keterampilan menulis siswa kelas IV dan sunber data adalah siswa kelas IV, SDN Sitirejo 04 Wagir, tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian dilakukan pada bulan September 2015 dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan metode imagine dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis pada tema Indahnya Kebersamaan pada siswa kelas IV yang sesuai dengan sintak pembelajaran dengan metode imagine. (2) peningkatan keterampilan menulis pada tema Indahnya Kebersamaan dengan menerapkan metode imagine pada siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai keterampilan menulis pada siklus I sampai siklus II. Siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 53,3 % dan pada siklus II sebesar 80 % dengan nilai ketuntasan ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan pada nilai keterampilan menulis siswa kelas IV. Hasil penelitian dengan menerapkan metode imagine disarankan untuk memodifikasi metode imagine sesuai keinginan agar metode imagine yang dibuat lebih menarik perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung dan tidak monoton selain itu juga dapat dipergunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran serta mengembangkan pembelajaran yang lebih inovatif yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 03:59
Last Modified: 22 Mar 2016 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21276

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo