UMM Institutional Repository

PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WONOAGUNG 2 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG

PUTRA, DANNY PRANOTO (2016) PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WONOAGUNG 2 KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dannyprano-42037-1-pendahul-n.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dannyprano-42037-2-babi.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesulitan menulis ketrampilan menulis karangan pada siswa kelas V SDN wonoagung 2 pada materi menulis deskriptif. berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti guru terlihat lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh metode ceramah dan gambar yang sulit dipahami siswa sehingga mengakibatkan pembelajaran berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi mind mapping pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian siswa kelas V SDN Wonoagung 2 tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 20 siswa. Adapun langkah-langkah pembelajaranya adalah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan hasil analisis, diketahui ketuntasan ketrampilan menulis karangan siswa mengalami peningkatan. Hasil ketrampilan menulis karangan dari siklus I, siswa tuntas memenuhi KKM yaitu 70 sejumlah 12 siswa atau 60% dan siswa belum tuntas memenuhi KKM sejumlah 8 siswa atau 40%. Sedangkan hasil ketrampilan menulis karangan dari siklus II, siswa yang tuntas memenuhi KKM sejumlah 17 siswa atau 85% dan siswa yang belum tuntas sejumlah 3 siswa atau 15%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil ketrampilan menulis karangan yang optimal dilihat dari ketuntasan pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan ketrampilan menulis karangan pada siswa kelas V SDN Wonoagung 2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 03:48
Last Modified: 22 Mar 2016 03:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo