UMM Institutional Repository

PENGARUH MODAL, UPAH, DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR INDUSTRI KECIL DI KOTA MALANG ( Studi Kasus Usaha Kripik Tempe di Dusun Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang)

Slamet Rifa,i, Mochamad (2015) PENGARUH MODAL, UPAH, DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR INDUSTRI KECIL DI KOTA MALANG ( Studi Kasus Usaha Kripik Tempe di Dusun Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang). Other thesis, university of muhammadiyah malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kenihasana-40610-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kenihasana-40610-2-babi.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modal, upah, dan produktivitas tenaga kerja terhadap penyerapan tenaga kerja yang ada di industri kripik tempe di Dusun Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang. Lokasi penelitian terletak di Dusun Sanan RW 15 dan 16, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing Kota Malang. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah jawaban dari kuisioner yang dibagikan kepada para pengusaha kripik tempe yang ada di Dusun Sanan Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai instansi terkait dengan penelitian ini, seperti dokumen dari Badan Pusat Statistik Kota Malang dan Departemen Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan metode kuadrat terkecil biasa (Ordinary Least-Square) dengan bantuan Software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara modal dan upah terhadap penyerapan tenaga kerja, sedangkan produktivitas berpengaruh negatif terhadap penyerapan tenaga kerja. Besarnya pengaruh variabel bebas yaitu modal (X1), upah (X2), dan produktivitas (X3), mampu menerangkan atau menjelaskan 64,1% terhadap variabel terikat yaitu penyerapan tenaga kerja (Y). Sedangkan sisanya 35,9% diterangkan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Standart Coefficients menyatakan bahwa variabel upah mempunyai nilai beta sebesar 0,590 atau memiliki nilai tertinggi diantara variabel bebas lainnya. Nilai ini menunjukkan bahwa upah mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap penyerapan tenaga kerja industri kripik tempe Sanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:33
Last Modified: 22 Mar 2016 04:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21254

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo