UMM Institutional Repository

ANALISIS AKTIVITAS SISWA DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN KELAS II DI 3 SD KECAMATAN PANDAAN

ISLAMIA, TRIDINIA (2016) ANALISIS AKTIVITAS SISWA DALAM PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA MATERI TUMBUHAN KELAS II DI 3 SD KECAMATAN PANDAAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tridiniais-42098-1-pendahul-n.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tridiniais-42098-2-babi.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Lingkungan sosial maupun lingkungan alam sangat efektif dalam proses belajar karena pembelajaran tersebut lebih bermakna bagi siswa. Dengan lingkungan sekitar siswa mampu menemukan atau menggali sendiri pengetahuan baru dengan objeknya secara langsung baik itu berupa peristiwa, benda, maupun keadaan yang ada. Belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, melainkan pembelajaran dapat berlangsung di luar kelas sehingga pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa dan memotivasi siswa menjadi lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas siswa dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang meliputi: (1) mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA materi tumbuhan kelas II di 3 SD Kecamatan Pandaan dan (2) mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas belajar siswa dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA materi tumbuhan kelas II di 3 SD Kecamatan Pandaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah guru kelas II dan semua siswa kelas II di 3 SD Kecamatan Pandaan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pandaan 1 pada tanggal 4 dan 11 Agustus 2015, SDN Pandaan 2 pada tanggal 4 dan 15 agustus 2015, dan SD Ma`arif Jogosari Pandaan pada tanggal 5 dan 14 Agustus 2015 tahun ajaran 2015-2016 semester ganjil. Pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA materi tumbuhan di 3 SD Kecamatan Pandaan sangat efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi tumbuhan karena siswa dihadapkan secara nyata tentang tumbuhan tersebut serta pembelajaran lebih menyenangkan serta pembelajaran lebih ekonomis dan mudah dijangkau. (2) Aktivitas belajar siswa dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA materi tumbuhan kelas II di 3 SD Kecamatan Pandaan ini baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata aktivitas belajar siswa di SDN Pandaan 1 sebesar 78.64% masuk dalam kategori baik, SDN Pandaan 2 sebesar 83.85% masuk dalam kategori baik, dan SD Maarif Jogosari Pandaan sebesar 91.12% masuk dalam kategori amat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 03:13
Last Modified: 22 Mar 2016 03:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21228

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo