UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA JAMKET (JAM KEGIATAN) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGIATANKU KELAS I MI BAITURRAHMAN SURABAYA

BASYIROH, UMU (2016) PENGEMBANGAN MEDIA JAMKET (JAM KEGIATAN) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA KEGIATANKU KELAS I MI BAITURRAHMAN SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umubasyiro-42100-1-pendahul-..pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umubasyiro-42100-2-babi.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan media berbasis tematik untuk kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada tema kegiatanku diketahui bahwa dalam proses pembelajaran, guru sudah menggunakan media. Akan tetapi, guru belum pernah membuat dan mengembangkan media pembelajaran tematik. Media yang digunakan dalam pembelajaran tematik yaitu buku teks, papan tulis dan lingkungan sekitar. Media dua dimensi yang hanya berupa papan tulis dirasa belum efektif karena membuat siswa kurang aktif dan cepat bosan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media jamket pada pembelajaran tematik tema kegiatanku untuk siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Media dikembangkan dengan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran tematik Madrasah Ibtidaiyah serta diujicobakan pada kelompok kecil dengan jumlah siswa 8 anak dan kelompok besar dengan jumlah siswa 15 anak kelas I MI Baiturrahman Surabaya. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media jamket ini terbagi menjadi beberapa langkah pokok, yaitu studi pendahuluan dengan analisis kebutuhan untuk mengetahui potensi dan masalah yang ada pada proses pembelajaran. Selanjutnya melakukan pengembangan desain, validasi ahli serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Media jamket merupakan media tematik yang mengintegrasikan mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Hasil uji pengembangan media jamket dalam pembelajaran tematik tema kegiatanku untuk siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah memperoleh hasil yang sangat baik. Hal ini dijelaskan melalui penilaian pada tahap validasi ahli dengan presentase sebesar 84,6% oleh ahli media, 94,5% oleh ahli materi, dan 95% oleh ahli pembelajaran tematik Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan untuk respon peserta didik mendapatkan presentase yang mencapai 83,7% pada uji coba kelompok kecil dan 97,3% pada uji coba kelompok besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 03:09
Last Modified: 22 Mar 2016 03:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo