UMM Institutional Repository

ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PEMBELAJARAN DI SDN KETAWANGGEDE MALANG

HANDAYANI, MURTI (2016) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PEMBELAJARAN DI SDN KETAWANGGEDE MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-murtihanda-42274-2-babi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-murtihanda-42274-1-pendahul-n.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Pendidikan inklusif sudah banyak diselenggarakan di sekolah-sekolah, salah satunya di SDN Ketawanggede Malang yang sudah berjalan 2 tahun dari tahun 2013. Peran tenaga pendidik yaitu guru sangat penting bagi pelayanan pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah. Pada kenyataannya, tenaga pendidik masih belum siap untuk menangani anak berkebutuhan khusus pada pembelajaran di SD, karena kurangnya pengetahuan guru mengenai anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)perencanaan pembelajaran untuk ABK di SDN Ketawanggede Malang oleh guru, (2)pelaksanaan pembelajaran untuk ABK di SDN Ketawanggede Malang oleh guru, dan (3)evaluasi atau penilaian pembelajaran untuk ABK di SDN Ketawanggede Malang oleh guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang dipilih adalah kepala sekolah, guru pembimbing khusus (GPK), dan guru kelas. Penelitian dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analsis data yang digunakan adalah analisis model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di SDN Ketawanggede Malang meliputi penyusunan RPP, media/ alat peraga pembelajaran, dan perangkat penilaian pembelajaran yang disusun oleh GPK sesuai dengan hasil identifikasi dan asesmen, (2) Pelaksanaan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus di SDN Ketawanggede Malang dilakukan di kelas dan di ruang sumber dengan memberikan materi pembelajaran yang disesuaikan kemampuan ABK, (3) Penilaian/ evaluasi untuk anak berkebutuhan khusus di SDN Ketawanggede Malang dilakukan dalam beberapa aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang dilakukan oleh guru kelas dan GPK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 02:54
Last Modified: 22 Mar 2016 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21212

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo