UMM Institutional Repository

ANALISIS BELAJAR SISWA SLOW LEARNER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK ANAK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 09 MALANG

ANAM, KHOIRUL (2016) ANALISIS BELAJAR SISWA SLOW LEARNER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK ANAK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 09 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoirulana-42292-2-babi.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-khoirulana-42292-1-pendahul-n.pdf

Download (736kB) | Preview

Abstract

Lamban belajar (slow learner) mengalami kesulitan dalam menerima dan memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru di sekolah dasar, terutama pembelajaran yang berhubungan dengan pemahaman eksak yang berhubungan dengan angka, simbol, dan rumus tertentu seperti matematika.Banyak orang yang memandang matematika sebagai bidang studi yang paling sulit. Meskipun demikian, semua orang harus mempelajirinya karena merupakan sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas IV SD Muhammadiyah 09 Malang dan penelitian ini dilakukan pada bulan agustus 2015. Model belajar think pair share (TPS) dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar anak tertutama pada pembelajaran matematika, pada model think pair share (TPS) memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak untuk berfikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain. Hasil dari analisis belajar siswa slow learner pada pembelajaran matematika di SD Muhammadiyah 09 Malang dapat disimpulkan bahwa penerapan dengan menggunakan model cooperative type TPS (think pair share) dapat membantu guru dalam mengatasi kekurangan tenaga atau guru pendamping khusus. Think pair share dapat memudahkan guru dalam mengatasi kekurangan tenaga pendamping khusus di sekolah. Sehingga, dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan baik dari pihak sekolah maupun departemen pendidikan setempat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 02:40
Last Modified: 22 Mar 2016 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21199

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo