UMM Institutional Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN "BELAJAR DI MULAI DENGAN PERTANYAAN" TERHADAP HASIL IPA SISWA KELAS V SDN POHGAJIH 1 DI KECAMATAN SELOREJO BLITAR

ADITAMA, WISUDA SUSILO (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN "BELAJAR DI MULAI DENGAN PERTANYAAN" TERHADAP HASIL IPA SISWA KELAS V SDN POHGAJIH 1 DI KECAMATAN SELOREJO BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wisudasusi-42294-1-pendahul-n.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wisudasusi-42294-2-bab-i.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V SDN Pohgajih 01 pada materi alat-alat pernafasan pada hewan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan kurang memahami materi. Hal ini disebabkan oleh model ceramah yang dilakukan oleh guru, mengakibatkan pembelajaran berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran belajar dimulai dengan pertanyaan dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Belajar Dimulai dengan Pertanyaan dapat melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam belajar.Siswa belajar tidak hanya menggunakan kemampuan logikanya saja tetapi juga dengan bekerjasama dengan anggota kelompoknya.Penelitian ini menggunakan penelitian quasy eksperimen atau eksperimen semu. Subjek penelitian SDN Pohgajih 01dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dankelas VB sebagai kelas kontrol. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah perencanaan, pengumpulan data dan analisis data. Berdasarkan analisis data yang telah diuraikan, dapat diketahui bahwa nilai dari uji-t adalah 0.941. Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan 0.941 > 0.005 hal ini berarti Ho ditolak, Ha diterima. Juga dapat dilihat bahwa bahwa t-hitung (0,941) > t-tabel (0,075). Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan, hal ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Belajar Dimulai dengan Pertanyaan terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi alat-alat pernafasan pada hewan di SDN Pohgajih 01 Selorejo Blitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 02:35
Last Modified: 25 Jan 2018 08:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21195

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo