UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KOMPETENSI DASAR "MEMELIHARA LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI SEKITAR RUMAH" KELAS III SDN PENDEM 02 BATU

DEWI, SWARI UTAMI (2016) ANALISIS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KOMPETENSI DASAR "MEMELIHARA LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI SEKITAR RUMAH" KELAS III SDN PENDEM 02 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-swariutami-42756-2-bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-swariutami-42756-2-bab1.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada anak di Sekolah Dasar. Pembelajaran IPS dapat memberikan wawasan yang luas. Tetapi, IPS masih dipandang sebagai pelajaran yang membosankan bagi siswa. Hal ini juga dialami pada siswa kelas 3 SDN Pendem 02 Batu. Siswa merasa jenuh dan kesulitan dalam memahami materi pelajaran pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran IPS kompetensi dasar "memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah" kelas III SDN Pendem 02 Batu, (2) pelaksanaan pembelajaran IPS kompetensi dasar "memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah" kelas III SDN Pendem 02 Batu, (3) kendala dalam pembelajaran IPS, (4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang dipilih adalah kepala sekolah, guru kelas 3 dan siswa kelas 3. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Sepetember - 2 Oktober 2015 dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumen dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran yaitu menyusun perangkat pembelajaran (RPP dan silabus). (2) Pada kegiatan pembelajaran guru sudah melaksanakan 3 tahap kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi) dan kegiatan penutup. Namun, guru kurang maksimal dalam melaksanakan kegiatan awal sampai akhir. (3) kendala yang dihadapai dalam pelaksanaan pembelajaran IPS yaitu beberapa siswa nilainya masih di bawah KKM, siswa merasa kesulitan dalam menangkap materi pelajaran, siswa merasa bosan (mengantuk) dan ramai sendiri pada saat pembelajaran, media dan sumber belajar juga masih kurang (4)Upaya yang ditempuh untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran IPS yaitu mengadakan remedial untuk siswa yang nilainya dibawah KKM, menciptakan suasana yang nyaman (tenang dan menyenangkan) agar siswa tidak merasa bosan (mengantuk) dan ramai sendiri, mendekati siswa yang kesulitan dalam menangkap materi pelajaran, memanfaatkan lingkungan di sekitar sebagai sumber belajar dan membuat alat peraga/media yang mudah dan murah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 02:16
Last Modified: 26 Jan 2018 09:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21183

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo