UMM Institutional Repository

ANALISIS FUNGSI PRODUKSI PADA USAHA KECIL MEBEL DI KOTA PROBOLINGGO

ROMLI, AMIN (2015) ANALISIS FUNGSI PRODUKSI PADA USAHA KECIL MEBEL DI KOTA PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aminromli2-39048-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aminromli2-39048-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh modal kerja, jumlah tenaga kerja dan pengalaman tenaga kerja terhadap jumlah produksi dan juga untuk mengetahui skala hasil produksi pada industri kecil di Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan para pengusaha mebel sebagai unit analisisnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Statisik Deskriptif, Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis uji Statistik, Analisis Uji Asumsi Klasik dan Analisis Efisiensi Skala Produksi. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa faktor produksi yang meliputi modal kerja, jumlah tenaga kerja, pengalaman tenaga kerja baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama berpengaruh positif dan nyata terhadap nilai produksi yang dihasilkan pada tingkat signifikansi 5%. Artinya ketiga faktor produksi modal kerja, jumlah tenaga kerja serta pengalaman tenaga kerja berpengaruh secara positif dan nyata terhadap nilai produksi mebel. Dari penjumlahan ketiga variabel diatas didapat nilai 0,86 artinya skala produksi industri kecil kerajinan mebel di Kota Probolinggo menunjukan skala pengembalian hasil yang bersifat Decreasing Return to Scale atau Skala Produksi menurun. Hal ini berarti bahwa penambahan semua faktor produksi dalam proporsi yang sama akan menghasilkan penambahan nilai produksi dalam proporsi yang lebih kecil. Saran yang dapat kami berikan kepada usaha kecil mebel di Kota Probolinggo adalah 1) Disarankan kepada pihak lembaga keuangan untuk dapat memberikan kemudahan dalam pengambilan kredit yang disertai dengan penyuluhan, dilain pihak pengusaha industri kecil genteng juga harus menanamkan prinsip dapat dipercaya oleh lembaga keuangan tersebut. 2) Dalam proses perekrutan tenaga kerja perusahaan harus benar-benar memperhatikan tingkat kemampuan yang dimiliki dalam bidang usaha mebel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
T Technology > TX Home economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 02:06
Last Modified: 22 Mar 2016 02:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21179

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo