UMM Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PENGRAJIN SANDAL (Studi Kasus Di Desa Juritan Kecamatan Prajurit Kulon Kabupaten Mojokerto)

LUVITASARI, RIZKA AYU (2015) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PENGRAJIN SANDAL (Studi Kasus Di Desa Juritan Kecamatan Prajurit Kulon Kabupaten Mojokerto). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkaayulu-39316-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkaayulu-39316-1-pendahul-n.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Sektor alas kaki atau sandal merupakan sektor unggulan di wilayah Kabupaten Mojokerto. Dalam aktivitas operasionalnya atau usaha yang dilakukan selama ini terkait secara langsung dengan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing pengrajin mempengaruhi jumlah pendapatan yang dimiliki oleh masing-masing pengrajin. Jumlah pendapatan yang dimiliki oleh para pengrajin tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu penggunaan tenaga kerja, lama usaha, jumlah produksi dan modal. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh penggunaan tenaga kerja, lama usaha, jumlah produksi dan modal secara simultan terhadap tingkat pendapatan pengrajin sandal, 2) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan tenaga kerja, lama usaha, jumlah produksi dan modal secara parsial terhadap tingkat pendapatan pengrajin sandal di Desa Juritan Kecamatan Prajurit Kulon Kabupaten Mojokerto. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pengrajin sandal di Desa Juritan Kecamatan Prajurit Kulon Kabupaten Mojokerto sebanyak 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel penggunaan tenaga kerja (X1), lama usaha (X2), jumlah produksi (X3) dan modal (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat pendapatan (Y) karena nilai F hitung lebih besar dari Ftabel (53.663 > 3.15), atau sig. lebih kecil dari 0.05. Secara partial variabel tenaga kerja (X1), jumlah produksi (X3), dan modal (X4) berpengaruh signifikan terhadap variabel tingkat pendapatan (Y) karena secara berturut-turut memiliki nilai t hitung yang lebih besar dari ttabel (2.994; 2.579; 2.343 > 2.002) atau nilai sig. lebih kecil dibandingkan 0.05. Sedangkan variabel lama usaha (X2) tidak berpengaruh terhadap variabel tingkat pendapatan (Y) karena nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0.172 < 0.865) atau nilai sig. lebih besar dari 0.05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
T Technology > TX Home economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 22 Mar 2016 01:45
Last Modified: 22 Mar 2016 01:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21160

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo