UMM Institutional Repository

ANALISA TINGKAT KECELAKAAN LALU-LINTAS PADA JALAN MENGANTI SURABAYA

Risyadi, Adhi (2015) ANALISA TINGKAT KECELAKAAN LALU-LINTAS PADA JALAN MENGANTI SURABAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adhirisyad-38928-2-babi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adhirisyad-38928-1-pendahul-n.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk yang bertambah tiap tahunnya baik berasal dari dalam Surabaya maupun luar Surabaya, logikanya bila dimana ada suatu kota yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat akan ditemui pula tingkat kepadatan pada arus lalu-lintasnya namun hal ini akan terjadi apabila pada tiap ruas jalannya tidak didukung dengan sistem dan manajemen transportasi yang baik. Jalan Menganti sebagai salah satu dari sepuluh jalan di Surabaya yang teridentifikasi sebagai lokasi yang memiliki banyak titik rawan kecelakaan. Hal ini dapat diyakini setelah dilakukan observasi dengan kondisi jalan yang perlu adanya perbaikan mulai dari kondisi perkerasan, kondisi penerangan hingga kelengkapan rambu-rambu. Oleh karena itu dibutuhkan suatu analisa kecelakaan untuk mendapatkan solusi yang tepat agar terciptanya suatu kondisi lalu-lintas yang aman hingga dapat mengurangi angka kecelakaan yang beresiko terus meningkat tiap tahunnya. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan maka dapat diambil rumusan masalah meliputi: angka kecelakaan (2012-2014), kecepatan sesaat, dan karakteristik kecelakaan pada Jalan Menganti. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan dapat diperoleh angka kecelakaan pada Jalan Menganti (2012-2014) kemudian angka tersebut dapat menunjukkan pertumbuhan angka kecelakaan dari 2012-2013 sebesar 0,2% dan penurunan angka sebesar -0,5% pada tahun 2013-2014. Dari hasil diagam tabrakan dan perhitungan AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) pada segmen ke-7 Sta (6+000)(7+000) sebagai lokasi paling banyak terjadi kecelakaan (Black Spot). Untuk hubungan kecelakaan dengan kecepatan maka dilakukan analisa kecepatan sesaat yang menghasilkan nilai kecepatan pada Jl. Menganti rata-rata 37,31 km/jam > dari kontrol 34,4 km/jam. Hal ini diikuti dengan nilai DS pada lokasi jalan maupun simpang yang di survey menunjukkan angka normal dan menurut karakteristiknya faktor penyebab kecelakaan tertinggi pada Jl. Menganti yaitu Faktor Manusia dengan total 21 kejadian (41,17%) kemudian faktor jalan dengan total 17 kejadian (33,33%) dari total 51 kejadian keseluruhan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (22201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 06:51
Last Modified: 21 Mar 2016 06:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21137

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo