UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS PUNK DALAM PENYEBARAN PAHAM STRAIGHT EDGE (Studi pada Komunitas Punk Straight Edge di Malang)

Cahyanto, Prana Okta (2015) POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS PUNK DALAM PENYEBARAN PAHAM STRAIGHT EDGE (Studi pada Komunitas Punk Straight Edge di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pranaoktac-38926-1-cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pranaoktac-38926-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pola komunikasi komunitas punk dalam menyebarkan paham straight edge. Di dalam sebuah komunitas tentu ada komunikasi dan di dalam komunitas tersebut ada alur atau pola untuk mendapatkan informasi atau pesan yang disampaikan untuk mendapatkan tujuan tertentu, pola inilah yang dimaksut dengan pola komunikasi. Sebuah komunitas memiliki trik khusus yang digunakan untuk dapat menyampaikan pesan, hal ini lah yang menjadi titik awal ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian pada komunitas Punk Straight Edge yang ada di Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, metode pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini berjumlah empat orang, yang tergabung dalam komunitas straight edge. Hasil penelitian yang dalam menyebarkan paham straight edge adalah melalui media sosial, zine, seminar, lingkaran diskusi dan beberapa agenda atau kegiatan dari komunitas straight edge, selain itu komunikasi non verbal dengan penggunaan symbol berupa tanda “X” di punggung tangan dan atribut yang berkaitan dengan straight edge seperti kaos, topi, dan celana. Dengan adanya usaha dari proses penyampaian tentang straight edge ini mempunyai efek peningkatan penganut paham straight edge dikota malang sebesar 20% sampai 40%. Pola komunikasi yang terjadi dalam komunitas straight edge adalah komunikasi pola bintang yang artinya semua anggota adalah sama dan memiliki wewenang yang sama dalam menyampaikan informasi mengenai paham straight edge ini kepada siapa saja dan setiap anggota dari komunitas straight edge memiliki peranan-peranan tersendiri dalam menyebarkan paham straight edge ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:43
Last Modified: 21 Mar 2016 04:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21093

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo