UMM Institutional Repository

ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN BEHAVIORAL TERKAIT INFORMASI EKONOMI DAN INVESTASI DI KALANGAN WAKIL PIALANG BERJANGKA Studi Pada Karyawan PT. Victory International Futures Malang

Shanty, Ayu Puspita (2015) ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN BEHAVIORAL TERKAIT INFORMASI EKONOMI DAN INVESTASI DI KALANGAN WAKIL PIALANG BERJANGKA Studi Pada Karyawan PT. Victory International Futures Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayupuspita-39019-1-pendahul-n.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayupuspita-39019-2-babii.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Aspek Kognitif, Afektif, Dan Behavioral Terkait Informasi Ekonomi Dan Investasi Di Kalangan Wakil Pialang Berjangka, diawali oleh adanya fenomena bahwa kini media cetak sedikit demi sedikit mulai tergeser kedudukannya oleh media online. Sebagian pembaca buku atau koran kini beralih ke e-book atau portal berita online yang semuanya dapat diakses dalam waktu singkat menggunakan gadget dan koneksi internet. Namun di sisi lain masih ada pihak-pihak yang senantiasa masih memanfaatkan koran sebagai salah satu sumber informasi harian.Salah satunya adalah PT. Victory International Futures (VIF) Malang, sebuah perusahaan investasi dan perantara, yang menggunakan koran Kontan sebagai sumber informasi ekonomi dan investasi bagi karyawannya, khususnya para wakil pialang berjangka. Bertolak dari latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat aspek kognitif, afektif, dan behavioral terkait informasi ekonomi dan investasi di kalangan wakil pialang berjangka PT. VIF Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat aspek kognitif, afektif, dan behavioral terkait informasi ekonomi dan investasi di kalangan wakil pialang berjangka PT. VIF Malang. Tingkat aspek tersebut akan diukur melalui indikator-indikator yaitu, efek kognitif (pengetahuan, pemahaman, dan pengertian), efek afektif (perubahan sikap), dan efek behavioral. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Hypodermic Needle. Inti dari teori ini adalah media massa memiliki kekuatan yang luar biasa (all powerfull), sehingga dapat diartikan pula media massa memiliki efek yang tidak terbatas. Dalam teori ini juga media massa mempunyai efek langsung yang “disuntikkan” dalam ketidak sadaran komunikan atau audience. Dan ada hubungan langsung antara pesan yang disampaikan dengan efek yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta memiliki tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kantor PT. VIF Malang, yang beralamat di Jalan Letdjend Sutoyo no. 77 Kav. B Malang. Sampel pada penelitian ini adalah wakil pialang berjangka PT VIF Malang yang diambil dengan teknik total sampling sejumlah 26 orang. Sementara itu, teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi, kemudian disajikan tabel prosentase dan tabel distribusi frekuensi jawaban. Selanjutnya dihitung dengan menggunakan rumus mean. Adapun penetapan tingkat aspek kognitif, afektif, dan behavioral terkait informasi ekonomi dan investasi adalah rendah apabila berada di antara titik 0-2, dan tinggi apabila berada antara titik >2-4 Hasil penelitian ini secara garis besar dapat disimpulkan bahwa Tingkat keseluruhan aspek kognitif, afektif dan behavioral terkait informasi ekonomi dan investasi dengan perhitungan rerata diperoleh hasil 3,13. Angka 3,13 menunjukkan bahwa tingkat ketiga aspek tersebut berada pada posisi tinggi. Dalam garis kontinum 0 sampai 4 yang mempunyai titik tengah 2, maka aspek kognitif, afektif dan behavioral terkait informasi ekonomi dan investasi di kalangan wakil pialang berjangka dapat dikatakan tinggi, karena berada di atas garis kontinum titik 2. Dalam bentuk prosentase, tingkat aspek kognitif, afektif dan behavioral terkait informasi ekonomi dan investasi di kalangan wakil pialang berjangka adalah 78,25 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:32
Last Modified: 21 Mar 2016 04:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo