UMM Institutional Repository

INTERAKSI DIGITAL ANTARA BRAND DENGAN PUBLIC (Studi pada fanpage Facebook Yamaha Motor Indonesia)

Tommy, Andi Trisutrisno (2015) INTERAKSI DIGITAL ANTARA BRAND DENGAN PUBLIC (Studi pada fanpage Facebook Yamaha Motor Indonesia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anditrisut-39120-1-interaks-c.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anditrisut-39120-2-babi.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang semakin pesat, maka muncul media-media baru (sosial media) yang meberikan ruang dimana penggunanya dapat berkomunikasi secara efektif tanpa ada batas. Muncul media sosial tersebut membuat banyak brands yang akhirnya terjun ke sosial medi, guna berkomunikasi dengan public-nya. Berdasarkan data infografic yang dikuluarkan oleh We are Social Singapore pada Januari 2014 menunjukan bahwa salah satu sosial media yaitu facebook, di Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai pengguna terbanyak. Melihat fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagai mana interaksi yang terjadi antara brand dengan public dalam sosial media, khususnya facebook. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan obsevasi, teknik analisis data yaitu menggunakan model Miles dan Huberman (Imam Suprayoga: 2003), uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa interkasi yang terjadi antara brand dengan public dalam fanpage Yamaha Motor Indonesia dari tanggal 1-11 Juni 2014 terjadi dalam 3 tahap. pertama brand memposting pesan kepada public, kedua public merespon pesan tersebut berupa comments,ketiga brand merespon comments public dengan cara mereplay comments public. respon yang diberikan oleh brand hanya kepada dua public pertama yang memberikan comments paling cepat setelah pesan diposting oleh brand. Peneliti juga menemukan public memberikan comments-nya dalam fanpage Yamaha Motor Indonesia paling sering terjadi antara jam 9-11pm. Kecepatan public dalam merespon postingan yang diberikan oleh brand paling cepat adalah 10 menit dan paling lambat adalah 1 jam 16 menit setelah pesan diposting. Interkasi yang terjadi dalam fanpage Yamaha Motor Indonesia antara brand dengan public termasud dalam dimensi user to user. Kesimpulan dari dari penelitian ini adalah brand ketika berinteraksi dengan public dalam fanpage Yamaha Motor Indonesia tidak memanfaatkan potensi dari media sosial itu sendiri. Dimana brand dapat berinteraksi dengan public tanpa batas waktu. Jam prime time yang terdapat dalam fanpage Yamaha Motor Indonesia adalah jam 9-11pm, dimana public paling sering memberikan respon terhadap postingan yang dikirim oleh brand.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:25
Last Modified: 21 Mar 2016 04:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21087

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo